Cara Memilih Antivirus dan Antimalware dengan Baik dan Benar

Adware, Spyware dsb adalah bentuk lain dari Malware atau Malicious Software (software yang berbahaya) entah itu dengan menyamarkan diri sebagai aplikasi pembersih registry, aplikasi media player, toolbar atau yang lain. Kita setidaknya harus mempunyai aplikasi yang bisa melindungi dari beberapa jenis Malware tersebut. Sebuah produk antivirus terkadang belum tentu bisa melindungi kita dari bahaya Spyware, Adware, atau Rootkit dan sejenisnya.
Cara Memilih Antivirus dan Antimalware dengan Baik dan Benar
Cara Memilih Antivirus dan Antimalware dengan Baik dan Benar


Ada banyak pertanyaan dari beberapa orang mengenai, apa antivirus yang bagus untuk dipakai?. Sebenarnya semua aplikasi perlindungan sejenis antivirus/antimalware semuanya bagus, yang perlu diketahui adalah tidak ada antivirus/antimalware itu menjajikan perlindungan penuh 100% terhadap bahaya penyebaran Malware baru.

Karena setiap Malware mempunyai kemampuan yang berbeda mulai dari cara infeksi dan cara penyebarannya dan setiap produk antivirus mempunyai cara scanning yang berbeda untuk melakukan pencarian dan identifikasi, oleh sebab itu setiap produsen antivirus/antimalware membutuhkan sample jenis Malware baru, melakukan penelitian, dan melakukan ujicoba sebelum mereka mengeluarkan Update Signature Database untuk memasukan jenis-jenis Malware baru yang beredar kedalam produk mereka.

Ada juga beberapa produk antivirus yang menggabungkan beberapa scan engine di dalam produk mereka seperti Coranti, F-Secure, G-Data, Lavasoft, Thrustport, Qihoo dan lain sebagainya untuk meningkatkan rasio deteksi produk mereka.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum anda memilih produk antivirus atau antimalware :
  1. Mengenali jenis produk antivirus atau antimalware yang akan digunakan.
  2. Spesifikasi komputer yang digunakan.
  3. Kemampuan anda dalam mengoperasikan komputer.
  4. Tujuan anda dalam mengoperasikan komputer.
Mengetahui jenis, fitur, kemampuan produk antivirus/antimalware yang akan digunakan dan mengetahui spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menggunakan antivirus/antimalware sangatlah penting. Anda tentu tidak mau bukan, apabila antivirus atau antimalware yang anda gunakan ternyata menghabiskan resource seperti (CPU/RAM) atau ternyata produk antivirus/antimalware yang anda gunakan ternyata kebobolan. Antivirus atau antimalware yang bagus bukan hanya dikarenakan fiturnya yang lengkap atau statusnya yang free atau berbayar, tetapi antivirus yang bagus adalah antivirus yang sesuai dengan spesifikasi komputer anda, fitur yang diberikan antivirus sesuai dengan yang anda butuhkan, gampang dalam melakukan update (online/offline), dan mudah dalam penggunaan.

Mengandalkan perlindungan dengan hanya menggunakan satu antivirus saja terkadang bagi beberapa pengguna dirasa kurang aman, padahal dengan memasang lebih dari dua produk antivirus yang mempunyai tipe sejenis justru merugikan. Memasang lebih dari satu atau dua perlindungan selain menghabiskan resource (CPU/RAM) juga akan membuat pengguna terganggu dengan notifikasi yang dikeluarkan oleh antivirus setiap ada file atau aplikasi yang dianggap membahayakan. Tetapi itu merupakan pilihan masing-masing pengguna, apa akan memasang lebih dari satu antivirus atau tidak.

Sebagai rekomendasi, jika anda aktif menggunakan internet, entah itu browsing, chatting, download, online games anda bisa menggunakan produk antivirus yang mempunyai fitur firewall tetapi jika anda hanya menggunakan untuk keperluan sehari-hari missal mengetik, menonton film, mendengarkan music, anda bisa menggunakan satu produk antivirus seperti ESET, Avast, Panda, Comodo, AVG Free, Vipre dan lain sebagainya sebagai perlindungan antivirus dan menambahkan Portable On-Demand Scanner sebagai perlindungan kedua, seperti Malwarebytes Anti-Rootkit, HitmanPro, Emsisoft, McAfee Stinger, Kaspersky AVZ, Sophos Anti-Rootkit dan sejenisnya. On-Demand Scanner, tidak akan membebani komputer karena hanya digunakan apabila dibutuhkan atau dengan kata lain kita hanya melakukan scanning secara manual.

Hal terakhir yang perlu diingat adalah, bukan antivirus yang harus diandalkan untuk melindungi komputer kita, tetapi kita sebagai pengguna yang akan menjadi pertahanan pertama dalam menggunakan komputer.

Karena kebutuhan, tujuan, kemampuan setiap pengguna itu berbeda, maka pertimbangkan betul antivirus/antimalware apa yang sesuai dengan keperluan anda. Belum tentu kebutuhan saya, anda dan orang lain itu sama, mungkin bagi orang lain cukup menggunakan antivirus "A" tapi mungkin bagi saya atau anda antivirus "A" kurang sesuai dengan kebutuhan, tujuan dan kemampuan.
  1. Selalu berhati-hati akan situs apa yang kita kunjungi.
  2. Selalu berhati-hati akan file apa yang akan masuk atau yang akan kita download.
  3. Selalu berhati-hati akan file apa yang akan kita install atau kita jalankan.
Link yang mungkin berguna sebagai bahan pertimbangan anda dalam memilih produk antivirus yang sesuai :    


Untuk cerita mengenai malware yang lain akan diceritakan dibagian selanjutnya.

Semoga apa yang saya tulis diatas bisa menjadi pertimbangan para member sekalian dalam memilih antivirus dsb
0 Komentar untuk "Cara Memilih Antivirus dan Antimalware dengan Baik dan Benar"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info